Penilaian kelas merupakan suatu kegiatan guru yang berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi atau hasil belajar peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran.
Manfaat Penilaian Kelas
- Mengetahui tingkat pencapaian kompetensi selama dan setelah proses pembelajaran berlangsung
- Memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pencapaian kompetensi
- Memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami peserta didik sehingga dapat dilakukan remedian
- Umpan balik bagi guru dalam memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan, dan sumber belajar yang digunakan
- Memberikan pilihan alternatif penilaian kepada guru
- Memberikan informasi kepada orang tua dan komite sekolah tentang efektifitas pendidikan.
Fungsi Penilaian Kelas
- Menggambarkan penguasaan kompetensi oleh peserta didik
- Mengevaluasi hasil belajar, membuat keputusan tentang langkah berikutnya (pemilihan program, pengembangan kepribadian, penjurusan)
- Menemukan kesulitan belajar dan prestasi yang bisa dikembangkan sebagai alat diagnosis remedial atau tidak
- Menemukan kelemahan atau kekurangan proses pembelajaran yang sedang berlangsung
- Alat kontrol guru dan sekolah tentang kemajuan peserta didik.
Prinsip-prinsip Penilaian Kelas
- ValiditasMelalui apa yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat ukur yang sesuai untuk mengukur kompetensi. Misal : pada pelajaran olahraga, penilaian akan valid jika menggunakan penilaian unjuk kerja
- ReliabilitasAdalah penilaian yang cenderung sama hasilnya jika menggunakan alat yang sama sekalipun waktu yang digunakan berbeda.
- MenyeluruhMencakup seluruh domain yang tertuang pada setiap kompetensi dasar.
- BerkesinambunganPenilaian dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus, untuk memperoleh gambaran pencapaian kompetensi peserta didik dalam kurun waktu tertentu.
- ObjektifMengacu pada suatu patokan atau kriteria yang jelas.
- MendidikHasil penilaian harus dapat dijadikan dasar untuk memotivasi, memperbaiki, dan meningkatkan kualitas belajar.
Ciri-ciri Penilaian Kelas
- Belajar Tuntas
- Otentik
- Berkesinambungan
- Berdasarkan acuan kriteria (KKM)
- Menggunakan berbagai cara atau alat penilaian.
Sumber : Catatan Kuliah Asesmen Pembelajaran Fisika 10/09/2020