Penilaian Kelas

Penilaian kelas merupakan suatu kegiatan guru yang berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi atau hasil belajar peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran.

Manfaat Penilaian Kelas

  1. Mengetahui tingkat pencapaian kompetensi selama dan setelah proses pembelajaran berlangsung
  2. Memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pencapaian kompetensi
  3. Memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami peserta didik sehingga dapat dilakukan remedian
  4. Umpan balik bagi guru dalam memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan, dan sumber belajar yang digunakan 
  5. Memberikan pilihan alternatif penilaian kepada guru
  6. Memberikan informasi kepada orang tua dan komite sekolah tentang efektifitas pendidikan.

Fungsi Penilaian Kelas

  1. Menggambarkan penguasaan kompetensi oleh peserta didik
  2. Mengevaluasi hasil belajar, membuat keputusan tentang langkah berikutnya (pemilihan program, pengembangan kepribadian, penjurusan)
  3. Menemukan kesulitan belajar dan prestasi yang bisa dikembangkan sebagai alat diagnosis remedial atau tidak
  4. Menemukan kelemahan atau kekurangan proses pembelajaran yang sedang berlangsung
  5. Alat kontrol guru dan sekolah tentang kemajuan peserta didik.

Prinsip-prinsip Penilaian Kelas
  • Validitas
    Melalui apa yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat ukur yang sesuai untuk mengukur kompetensi. Misal : pada pelajaran olahraga, penilaian akan valid jika menggunakan penilaian unjuk kerja

  • Reliabilitas
    Adalah penilaian yang cenderung sama hasilnya jika menggunakan alat yang sama sekalipun waktu yang digunakan berbeda.

  • Menyeluruh
    Mencakup seluruh domain yang tertuang pada setiap kompetensi dasar.

  • Berkesinambungan
    Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus, untuk memperoleh gambaran pencapaian kompetensi peserta didik dalam kurun waktu tertentu.

  • Objektif
    Mengacu pada suatu patokan atau kriteria yang jelas.

  • Mendidik
    Hasil penilaian harus dapat dijadikan dasar untuk memotivasi, memperbaiki, dan meningkatkan kualitas belajar.

Ciri-ciri Penilaian Kelas
  • Belajar Tuntas
  • Otentik
  • Berkesinambungan
  • Berdasarkan acuan kriteria (KKM)
  • Menggunakan berbagai cara atau alat penilaian.



Sumber : Catatan Kuliah Asesmen Pembelajaran Fisika 10/09/2020

Post a Comment

Previous Post Next Post