05 March 2016

Tata Cara Pendaftaran Online SNMPTN 2016

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan yang merupakan jalur nasional yang bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik yang dilihat dari nilai raport selama 5 semester (bagi siswa SMA/MA, SMK yang lama masa pendidikannya 3 Tahun) atau selama 7 semester (bagi SMK yang lama masa pendidikannya 4 Tahun).

SNMPTN pada saat ini telah menjadi jalur penerimaan mahasiswa baru paling favorit. Hal ini terlihat dari kuota penerimaannya. Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN memberikan kuota terbanyak yaitu sebanyak 40 % dari keseluruhan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan 60 % lannya untuk penerimaan mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SBMPTN (30 %) dan jalur mandiri PTN (30 %).Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya bahwa peserta SNMPTN ini sangat banyak, sehingga mereka semua menjadi pesaing anda, bahkan teman anda sendiri yang memilih Program Studi yang sama dengan anda adalah pesaing anda.

Selain itu pula, perlu diingat bahwa pesaing anda adalah siswa-siswi dari berbagai sekolah di Indonesia. Tentunya mereka semua memiliki tingkat kemampuan akademik yang berada di atas rata-rata. Namun anda harus tetap optimis karena yang menentukan Kelulusan SNMPTN adalah panitia SNMPTN. Tunggu saja nanti pada saat Pengumuman SNMPTN, apakah anda lulus atau tidak.

Baik langsung saja kita akan membahas tentang Panduan Pendaftaran Online SNMPTN 2016.

Tata Cara Mengikuti SNMPTN 2016/2017
Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui dua tahap, yaitu (1) tahap pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, dan (2) tahap pendaftaran oleh siswa. Berikut ini penjelasannya.

Tata Cara Pengisian PDSS Oleh Sekolah Pada SNMPTN 2016/2017
1. Kepala Sekolah atau yang mewakili membuka situs pangkalan data, yaitu : pdss.snmptn.ac.id
2. Kemudian mendaftarkan nama-nama siswa dan mengisi data siswa yang akan ikut seleksi jalur SNMPTN pada alamat situs tersebut.
3. Nantinya Kepala Sekolah akan mendapatkan NISN dan Password.
4. Kepala Sekolah memberikan NISN dan Password kepada siswa
5. Siswa melakukan verifikasi terhadap data yang telah diisikan oleh kepala sekolah pada PDSS.
6. Jika siswa tidak melakukan verifikasi, maka data tersebut telah dianggap benar.
7. Selanjutnya siswa peserta SNMPTN akan melakukan pendaftaran SNMPTN sendiri.

Tata Cara Pendaftaran Online Oleh Peserta SNMPTN Pada SNMPTN 2016/2017
1. Buka situs resmi pendaftaran SNMPTN di sini
2. Login menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah
3. Mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
4. Khusus siswa yang mendaftar pada program studi keolahragaan dan seni, diwajibkan mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah
5. Periksalah kembali kebenaran pengisian data diri anda.
6. Jika telah selesai, cetaklah kartu tanda peserta SNMPTN 2016

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN 2016/2017
Utuk bisa mengikuti SNMPTN, maka harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran SNMPTN. Persyaratan pendaftaran SNMPTNdiperuntukkan bagi sekolah dan siswa peserta SNMPTN. Penjelasan secara rinci sebagai berikut.

Persyaratan Sekolah
1. SMA/SMK/MA/MAK Negeri maupun Swasta, termasuk sekolah Republik Indonesia di luar negeri yang mempunyai NPSN
2. Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Siswa Peserta SNMPTN
1. Siswa-siswi yang akan lulus dari SMA/MA/SMK pada tahun 2016
2. Memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
· akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
· akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
· akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
· akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya
3. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
4. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.

Sekian dan semoga bermanfaat.

2 comments: