07 March 2016

Cara Aman Mengamati Gerhana Matahari


Dalam kehidupan sehari-hari, menatap matahari secara langsung sangat berbahaya karena matahari memancarkan sinar inframerah yang bisa merusak mata kita. Ketika terjadinya gerhana matahari, mungkin kita akan jadi tergoda untuk menatap matahari secara langsung.

Dampak buruk yang dapat terjadi apabila anda melihat peristiwa gerhana matahari secara langsung bisa

dari buta sementara, dalam kasus tertentu buta selama 2 hari hingga 3 bulan, atau kerusakan mata yang permanen atau buta selamanya.

Tetapi tenang, saya punya cara untuk melihat gerhana matahari dengan aman, yaitu dengan menggunakan Proyeksi Lubang Jarum. Dan berikut adalah cara membuat Proyeksi Lubang Jarum sederhana :

Alat dan Bahan
  * Kertas karton tebal/kardus
  * Kertas HVS putih atau karton putih
  * Jarum
  * Gunting atau cutter


Cara Pembuatan
  1. Potong karton menjadi persegi agar nyaman untuk dipegang, jangan terlalu kecil.
  2. Tusuk kertas karton tepat di tengah-tengahnya menggunakan jarum (atau paku payung jika tidak ada jarum). Pastikan lubang kecil tusukan tadi itu bulat cukup sempurna.
  3. Berdirilah membelakangi Matahari, pegang kertas karton yang telah dilubangi tadi ke bahu atau atas kepala Anda, pastikan arahnya pas dengan arah Matahari.
  4. Lembar kertas HVS putih akan menjadi layarnya. Pegang agak jauhan dari tubuh Anda dengan tangan yang tidak memegang karton berlubang jarum sehingga bayangan Matahari terproyeksikan pada kertas HVS tadi melalui lubang jarum.
  5. Untuk membuat bayangan Matahari menjadi lebih besar, jauhkan kertas HVS yang menjadi layar dari lembar karton berlubang jarum.
Gambar Proyeksi Lubang Jarum.

Sekian postingan mengenai cara pembuatan Proyeksi Lubang Jarum Sederhana.
Semoga bermanfaat dan selamat mengamati gerhana matahari dengan aman. :)

1 comment:

  1. Thanks gan, kemarin ane udah coba dan berhasil (y)

    ReplyDelete